Soccer Shoes

Sulit untuk membedakan antara sepatu futsal dengan sepatu bola. kedua olahraga tersebut memang berpusat terhadap kaki dan menggiring bola. sepatu futsal diperuntukkan bagi penggunaan dalam lapangan indoor, sehingga solnya harus tipis. Sepatu juga harus ringan dan enteng sehingga tidak memberatkan kaki ketika berlari. Karena digunakan dalam ruangan, tidak perlu seperti sepatu sepakbola yang bawahnya “berduri-duri”. Saat ini olahraga futsal semakin digemari sehingga permintaan akan sepatu futsal juga ikut meningkat.

Ada juga sepatu futsal dengan bagian bawah yang bergerigi, karena sepatu futsal tersebut di peruntukkan lapangan berjenis rumput sintetis. Jenis permukaan lapangan juga penting untuk anda ketahui sebelum memilih membeli sepatu bola atau sepatu futsal. Inilah yang akan menentukan jenis studs (tapak sepatu) apa yang anda butuhkan. Apakah anda bermain di atas lapangan kering, basah, rumput sintetis, ply-wood atau indoor.

Jenis studs umumnya terbagi dua: molded (permanen) dan detachable (bisa dilepas-pasang). Ini hanya menyangkut selera. Dengan studs detachable, anda mungkin hanya perlu 1 buah sepatu yang bisa digunakan di berbagai jenis permukaan dengan cukup mengganti studsnya saja. Namun kekurangannya tentu saja daya tahannya yang lebih cepat rusak dibanding jenis molded studs. Salah satu tipe sepatu dengan detachable studs adalah Adidas F50.9 Tunit.

Dari sol kita dapat membedakan antara sepatu futsal dengan sepatu sepakbola. Semua sepatu bola tentu saja bergerigi semua. Sepatu sepakbola juga dapat di gunakan jika kita ingin bermain futsal, tetapi sepatu futsal yang tidak bergerigi seperti sepatu futsal Adidas Adinova II Indoor Original. Sepatu ini tidak bergerigi, akan sangat berbahaya jika di pakai untuk bermain sepak bola, akan licin dan menyebabkan kita terjatuh dan cidera.

Jenis permukaan lapangan juga beragam. Untuk lapangan rumput, umumnya tersedia tiga jenis studs: Soft ground, firm ground dan hard ground. Studs soft ground biasanya mempunyai bentuk panjang dan lebih runcing. Terbuat dari material yang kaku seperti besi atau karbon. Jumlahnya biasanya 4 atau 6 studs di setiap sepatu. Studs hard ground bentuknya lebih pendek dan tidak runcing.

Terbuat dari material yang lebih lunak seperti plastik sintetik atau karet.n Jumlahnya biasanya 10, 12 sampai 14 studs di setiap sisi sepatu. Nah, studs firm ground ada di antara soft dan hard ground. Lalu ada lagi studs indoor-court. Tapaknya terbuat dari karet mentah dan lebih datar. Ini biasanya dipakai pada permukaan lapangan futsal indoor yang terbuat dari kayu. Sedangkan untuk lapangan rumput sintetis, yang mana kebanyakan lapangan futsal menggunakannya, jenis studs yang tepat adalah jenis turf. Terbuat dari karet, ukurannya kecil dan memenuhi hampir semua permukaan tapak sepatu.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s